Senin, 23 Desember 2013

Kisah Itik dan Rajawali



Pada suatu hari ada seekor itik yang bermimpi menjadi seekor Rajawali. Ia sangat terinspirasi oleh kegagahan dari sang rajawali tersebut. Kemudian ia pun mulai belajar caranya terbang di pinggir kolam, sekali, dua kali, tiga kali, dan seterusnya dengan gigih ia mencoba, namun ia belum berhasil.

Pada suatu saat ia pun bersumpah bahwa apabila dalam seratus kali mencoba ia gagal, maka itu memang bukan takdirnya dan ia akan menyerah. Pada percobaan yang ke seratus ia pun mendapatkan jawabannya, bahwa ia adalah itik tidak mungkin menjadi seekor rajawali.

Apa yang dapat kita dapat dari  cerita ini adalah kita harus realistis dalam semua keadaan, namun membatasi diri dalam suatu keadaan adalah hal yang dapat menjerumuskan kita. Dapatkah dibayangkan bahwa seekor anak rajawali yang baru belajar terbang, namun gagal dan terjatuh dari pohon  merasa putus asa dan merasa memang bukan takdirnya untuk terbang lalu membatasi diri dan menyerah? Dapatkah seekor anak rajawali menjadi seekor rajawali yang gagah jika seperti itu. Oleh karena itu kita tidak boleh menyerah dalam segala kondisi dan selalu mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar