Selasa, 09 Februari 2016

ANGKATAN BERSENJATA RUSIA

Angkatan Bersenjata Rusia “Вооружённые Си́лы Росси́йской Федера́ции”, (Vooruzhonniye Síly Rossíyskoy Federátsii) merupakan angkatan bersenjata Federasi Rusia yang mulai aktif sejak runtuhnya Uni Soviet pada 1992. Saat ini, mentri pertahanan Rusia dijabat oleh Jenderal Sergey Shoigu yang menggantikan Anatoly Serdyukov dan Panglima Angkatan Bersenjata Rusia dijabat oleh Jenderal Valery Gerasimov. Sementara, panglima tertinggi angkatan bersenjata dijabat oleh Presiden Vladimir Putin.

Dalam mempertahankan kedaulatannya, Rusia mengalokasikan dana sebesar 13,49% dari GDP pada tahun 2014, pada tahun 2015 Duma mengalokasikan 3,1 Trilyun Rubel dan sedangkan pada tahun 2016 diperkirakan alokasi anggaran pertahanan Rusia sebesar 3,145 Trilyun Rubel (50 Milyar US Dollar). Tahun ini, Duma berencana akan manikkan anggaran untuk gaji prajurit sebesar 40 milyar rubel, namun menurunkan anggaran untuk kebutuhan militer khusus sebesar 48 milyar rubel (Catatan: 1 USD = 75,57 Rubel).Berdasarkan pada data penduduk tahun 2013, terdapat 34.765.736 penduduk laki-laki pada rentang usia 16 sampai dengan 49 tahun yang siap untuk dinas militer, dan 35.410.779 perempuan usia 16 sampai dengan 49 tahun yang siap untuk dinas militer.

•           Angkatan Darat
Sukhoputnyye Voyskia Rossiyskoy Federatsii (SV-RF) merupakan Angkatan Darat Federasi Rusia mulai berdinas aktif sejak 1992, dengan markas besar bertempat di Moskow. Saat ini, kepala staf angkatan darat dijabat oleh Kolonel Jenderal Oleg Salyukov. Calon perwira Angkatan Darat Rusia akan dididik di Akademi Militer Suvorov. Di Indonesia, TNI-AD membagi wilyah kedalam 14 daerah militer, tetapi di Rusia hanya ada empat distrik militer, yaitu disrik barat (St. Petersburg), distrik selatan (Rostov-on-Don), distrik pusat (Yekaterinburg), dan distrik timur (Khabarovsk).

•           Angkatan Laut
Voyenno-Morskoy Flot Rissiskoy Federatsii (VMF-RF) merupakan Angkatan Laut Federasi Rusia yang aktif sejak 17 Januari 1992, berkedudukan markas besar di St. Petersburg. Pasca runtuhnya Soviet, AL Rusia mengakuisisi sebagian besar armada kapal perang permukaan dan seluruh armada kapal selam berpropulsi nuklir milik AL Soviet. VMF memiliki fasilitas peluncur senjata strategis bergerak berupa kapal selam nuklir. Kadet Akademi Angkatan Laut Rusia akan dididik di Akademi Angkatan Laut Nakhimov. Saat ini, kepala staf Angkatan laut dijabat oleh Laksamana Viktor Chirkov. Kekuatan angkatan laut terdiri atas 133.000 personel, 280 kapal perang, dan 254 pesawat angkatan laut.

Angkatan Laut Rusia terbagi dalam Lima Armada Utama yang bertanggung jawab atas wilayah yang berbeda, yaitu: Komando Armada Gabungan Strategis Armada Utara (Murmansk) dengan kekuatan 1 kapal induk, 2 penjelajah nuklir, 23 kapal selam nuklir, dan berbagai kapal lainnya, Armada Laut Baltik (Baltysk) 10 kapal, Armada Laut Hitam (Novorossysk) 9 kapal, Armada Laut Kaspia (Astrakhan) 8 kapal, dan Komando Gabungan Strategis Armada Timur (Vladivostok) 15 kapal selam nuklir, 1 penjelajah tempur, dan kapal lainnya.

Saat ini, Flag Ship atau kapal utama disandang oleh Kapal Induk Admiral  Kuznetzov. Selain daftar tersebut diatas, tiap-tiap armada dilengkapi dengan kapal-kapal perang pendukung, seperti: Landing Ship Tank (LST), Landing Platform Dock (LPD), Minesweeper (penyapu ranjau), kapal patroli, kapal cepat rudal, kapal cepat torpedo, dan jenis kapal lain yang berukuran lebih kecil dari kapal jenis korvet. Selain kapal perang dan kapal selam, VMF memiliki korps penerbang angkatan laut AV-MF (Aviatsia Voyenno Morskogo Flota).

•           Angkatan udara
Voyenno-Vozdushniye Sily Rossiskoy Federatsii (VVS-RF) merupakan Angkatan Udara Federasi Rusia hasil transformasi dari Voyenno-Vozdushniye Sily Sovetskikh Soyuz (VVS-SS), memasuki dinas aktif pada 7 Mei 1992. Angkatan Udara Rusia mewarisi 65% dari seluruh armada AU Soviet. Kepala staf angkatan udara saat ini dijabat oleh Letnan Jenderal Viktor Bondarev dengan kekuatan 148.000 personel. Sebuah skuadron pesawat terdiri atas 16 unit pesawat.

•           Pasukan Lintas Udara
Vozdushno Desantnyye Voyska-Rossiyskoy Federatsii (VDV-RF) merupakan pasukan lintas udara yang secara independen berada diluar unit angkatan darat, udara, maupun laut. Saat ini, VDV dipimpin oleh Letnan Jenderal Vladimir Shamanov, berkekuatan 45.000 personel dan direncanakan akan dimekarkan menjadi 70.000 personel pada tahun 2019. Selain kekuatan infanteri, VDV juga dilengkapi dengan kendaraan lapis baja yang dirancang secara khusus.

•           Angkatan Persenjataan Strategis
Raketnnye Voyska Strategicheskogo Naznacheniya Rossisykoy Federatsii (RVSN) merupakan pasukan kesenjataan strategis yang berkedudukan di Moskow. Angkatan bersenjata Rusia mengakuisisi sebagian besar fasilitas peluncur senjata strategis dari Uni Soviet. RVSN-RF merupakan angkatan perang yang memiliki kualifikasi dibidang kesenjataan stretegis dan operator persenjataan strategis yang dimiliki Rusia, seperti rudal menengah, jarak jauh, dan ICBM (Intercontinental Ballistic Missile) yang dapat dilengkapi dengan kemampuan hulu ledak nuklir. Selain membidangi persenjataan rudal jarak jauh, unit ini juga mengoperasikan armada pembom strategis. Saat ini, RVSN-RF dipimpin oleh Letnan Jenderal Sergei Karakayev dengan jumlah personel sebanyak 18.000 pesonel. 

RVSN-RF mengoperasikan persenjataan berupa peluru kendali yang dapat dioperasikan melalui fasilitas peluncur tetap yang derada di bawah tanah atau “missile silo” dan peluncur bergerak, sementara untuk persenjataan strategis yang diluncurkan dari kapal selam dioperasikan oleh angkatan laut.

•           Pertahanan Angkasa
Voyska Vozdushno-Kosmicheskoy Oborony or Voyska Rissiyskoy Federatsii (VKO-RF) merupakan kecabangan militer rusia yang bertanggung jawab atas pertahanan udara dan senjata strategis terhadap Rusia serta operasional satelit militer dan fasilitas ruang angkasa militer di Plesetsk Cosmodrome dan Baikonur Cosmodrome di Azerbaijan. VKO merupakan cabang independen yang berdiri sendiri dari kecabangan militer lainnya. Saat ini, komandan VKO dijabat oleh Mayor Jenderal Alexander Golovko.  

Saat ini, militer Rusia merupakan pendukung utama pasukan Suriah dibawah rezim Bashar Al-assad. Militer Rusia melakukan pengeboman secara intensif melalui kekuatan udara, selain itu pasukan Rusia juga diterjunkan dari laut dan didarat untuk mengamankan kedaulatan Suriah yang dikoyak perang saudara. Selain menghancurkan kekuatan pemberontak Surian, kehadiran tentara Rusia di Suriah dianggap perimbangan kekuatan antara kekuatan NATO di negara teluk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar